RSS

SI CANTIK BUNGA ANGGREK DAN SEJARAHNYA.....

Hai,,, Hai,,, Hai,,,
Sob,,, kamu tau kanz si cantik yanx satu nie.????? Dari keindahan bentuk tubuhnya dan jugha im0et..... Ternyata yanx satu nie banyak di sukai Ladies nie..... Bunga Anggrek karna kecantikannya yanx sangat unik dan bahkan warnanya yanx begitu banyak serta berfariasi.....

Eeetz jangan salah ga cuma kaum Ladies Looo yanx suka dengan Bunga satu nie.!!!!! Tapi para Pejantan pun yanx suka berkebun banyak memilih Bunga yanx satu nie di tamannya..... Hmmm special yaaa

Memang Bunga yanx satu nie sangat cantik dan menarik,,, apa lagi bila di tanam di sebuah taman hmmmmm pasti taman tersebut jadi sangat indah dengan aneka jenis Bunga nie jadikan taman kamu lebih berwarna seperti Yanx Berwarna nie hehehehehehe

Tapi sebelum menanam Bunga Anggrek kita baca dulu yuuu Sejarah singkat Bunga Anggrek.????? 
Jangan sampe sudah tanam nanti ga tau lagie sejarahnya..... Hehehehe..... Asal usulnya harus tau kaLo usuL jangan Asal hehehehehe







Sejarah Bunga Anggrek

Anggrek termasuk dalam suku anggrek-anggrekan atau famili “Orchidaceae” yanx dalam bahasa yunani, kata “orchid” berasal dari orchis yanx berarti testicle atau buah zakar. Zaman dahulu anggrek identik dengan pria, baik warna, bentuk bahkan strukturnya. Anggrek juga melambangkan kesuburan dan kejantanan, dahulu muncul anggapan jika mengkonsumsi anggrek muda, maka seseorang bisa memiliki anak laki-laki, dan jika mengkonsumsi anggrek tua akan melahirkan anak perempuan, tetapi dalam mitos ini tidak disebutkan arti konsumsi ini dimakan sebagai bahan makanan atau hanya dinikmati keindahan bunganya saja.

Anggrek termasuk keluarga besar dari kelompok (subdivisi) tanaman berbunga atau berbiji tertutup angiospermae), kelas tanaman berbiji tunggal (monocotyledone), ordo orchidaceae (anggrek anggrekan). Tanaman anggrek dapat tumbuh di dataran rendah, gurun kering, hutan rimba yanx panas sampai dengan dataran tinggi, termasuk puncak gunung yanx bersalju. Paling banyak spesies anggrek berasal dari daerah tropis karena disebabkan oleh agroklimat di daerah tropis itu sendiri sangat cocok untuk pertumbuhan anggrek.

Anggrek termasuk dalam keluarga tanaman bunga-bungaan yanx memiliki lebih banyak jenisnya daripada keluarga tanaman bunga-bungaan lainnya. Para ahli tumbuh-tumbuhan berkeyakinan bahwa anggrek memiliki lebih dari 25.000 jenis yanx tersebar di seluruh dunia. Tetapi karena kerusakan hutan, kita banyak kehilangan spesies yanx belum dikenali dan tidak tahu dengan pasti berapa jumlahnya. Indonesia trekenal di seluruh dunia dengan kekayaan anggreknya yanx memiliki lebih dari 4.000 jenis anggrek yanx tersebar hampir di semua pulau. Kalimantan, Papua, Sumatera, Jawa termasuk pulau-pulau yanx terkenal di dunia karena kekayaan anggreknya. Anggrek yanx paling terkenal dari Indonesia adalah “anggrek bulan” (Phalaenopsis amabilis) yanx diangkat sebagai “Bunga Nasional” dan dijuluki “Puspa Pesona”, dan “Anggrek Kantung” (Paphiopedilum javanicum).

Anggrek memiliki karakteristik sebagai berikut :

  • Memiliki tiga sepal (daun kelopak bunga). Salah satunya yanx terletak pada bagian belakang (punggung) yanx menghadap keatas dinamakan sepal dorsal.
  • Memiliki tiga petal (daun mahkota bunga) yanx letaknya selang-seling dengan daun kelopak bunga. Salah satu dari petal yanx terletak di bawah berbentuk seperti lidah yanx disebut labellum (bibir bunga), membuat bunga simetris antara kiri dan kanan.
  • Putik dan benang sari (bagian jantan dan betina) yanx bergabung bersama pada bagian yanx disebut column.
  • Tepung sari yanx biasanya berkumpul bersama pada bagian yanx disebut pollinia. Buahnya memiliki biji yanx sangat kecil dan banyak.
  • Tangkai bunga dapat berkelak-kelok saat pertumbuhannya, tergantung pada arah sumber cahaya.

Anggrek bulan (Phalaenopsis) secara resmi dinobatkan sebagai bunga nasional “Puspa Pesona” sejak tanggal 5 Juni 1990. Putih bersih warnanya, berlidah kuning, terdiri atas 46-60 spesies, 22 jenis diantaranya tumbuh alami di Indonesia. Sangat menarik sekali jika anggrek bulan ini dibudidayakan baik secara sederhana maupun modern seperti dengan teknik kultur jaringan. Anggrek alam dilestarikan sebagai sumber plasma nutfah bagi terciptanya hibrida-hibrida anggrek baru. Taiwan dan Singapura sudah merintis agribisnis anggrek bulan. Taiwan yanx berpusat di Sei Ha Farm Enterprise (terbesar di dunia), dengan luas areal 3,3 hektar, per tahun bisa memproduksi 1,5 juta bibit untuk di ekspor ke Jepang, Malaysia, Amerika Serikat dan sejumlah negara Eropa.

Di Indonesia, plasma nutfah anggrek bulan ini tumbuh alami di Maluku, Sulawesi, Ambon, Kalimantan, Sumatera dan Jawa. Tanaman anggrek bulan ini tergolong jenis “epifit” yakni menempel pada pohon (di alam). Ditandai dengan karakter pertumbuhannya yanx akarnya melekat pada kulit pohon. Seluruh bagian tumbuhan (akar, batang, daun) mengapung di udara, sementara akarnya terdiri dari dua macam, yakni akar lekat dan akar udara. Batang anggrek bulan kadang tak terlihat dikarenakan tertutup oleh pelepah daun. Bentuk daunnya lanset atau bundar panjang, berukuran antara 20-30 cm dengan lebar antara 3-12 cm. Memiliki jumlah bunga per tangkai sangat variatif, 3-25 kuntum bahkan lebih, tergantung spesiesnya juga.

Anggrek bulan ini memiliki beberapa ciri khas yanx menarik sekali, yakni memiliki tiga sepal daun bunga (calyx), 3 petal daun mahkota bunga (corolla), dan gymnostenium (putik dan benang sari menyatu). Sosok anggrek bulan ini bisa dibilang sangat mempesona sekali karena selain memiliki calyx, corolla dan bibir bunga dengan bentuk bermacam-macam, juga kaya akan warna dari putih bersih, putih kekuning- kuningan, merah, ungu, sampai kombinasi warna-warna lain, tergantung jenisnya.

Nah,,, sekarang udah tau kanz sejarahnya.????? Sekarang kita tanam yuuu di taman kita agar taman kita lebih indah dan lebih berwarna seperti blog nie Yanx Berwarna...... Hehehehe

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Share Facebook
  • Twitt This
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment